Apa itu blog dan pengertiannya


Blog atau weblog , adalah website yang berisi artikel atau tulisan pribadi yang disusun secara kronologis. Tulisan dalam blog biasanya berupa pendapat pribadi ,tip dan trik, uneg - uneg , tutorial , atau tulisan lain yang bersifat informal. Tulisan dalam blog bersifat khas, berbeda dengan isi sebuah website formal pada umumnya , yang terkesan serius.

Blog juga dapat digunakan sebagai saranan latihan menulis , mengungkapkan pendapat pribadi , curhat, dan sebagainya, layaknya menulis dalam buku harian. Itulah sebab, blog disebut juga dengan istilah online diary alias buku diari online.

Kamu tertarik dan ingin punya blog ? Gampang ! Sekarang banyak loh penyedia layanan blog gratis di internet , misalnya Wordpress, Multiply, dan Blogger. Untuk membuat blog kamu harus menddaftar terlebih dahulu. Setelah itu kamu akan mendapatkan sebuah username sekaligus nama blog kamu . Misalnya , kalau kamu mendaftar di Wordpress, nama blog kamu adalah http://contoh.wordpress.com atau jika kamu menggunakan blogger, nama blog kamu adalah http://contoh.blogspot.com.

Blog dapat diisi dengan beraneka macam tulisan. Misalnya jika kamu berminat terhadap masalah komputer , kamu bisa menulis kumpulan tulisan atau tutorial tentang komputer . Kalau kamu suka dengan seni, kamu bisa menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan seni, musik, film, dan sebagainya.

Untuk menulis atau istilahnya posting tulisan ke dalam blog, kamu harus login dulu menggunakan username dan password kamu ke situs penyedia layanan blog tempat kamu mendaftar. Misalnya , jika kamu memiliki blogg di wordpress, kamu harus login  terlebih dahulu menggunakan username dan password, jika kamu menggunakan blogger kamu harus signin email terlebih dahulu.

Setelah login, kamu bisa langsung membuat tulisan atau postingan baru. Ketik judul dan isi tulisan , seperti ketika kamu membuat sebuah karangan. Setelah selesai , tulisan bisa dikirim. Bila suatu saat ingin ditambah atau dikoreksi , tulisan tersebut bisa diedit kembali.

Tulisan yang kamu muat di blog bisa langsung dilihat dan dibaca saat itu juga , bahkan bila ada user atau orang lain berminat , mereka bisa memberikan komentar ( cooment ) disana. Inilah salah satu hal menarik dalam blog . Kamu dapat berinteraksi secara aktif dengan pembaca dan penggemar tulisanmu.

Selain menulis langsung melalui web . Kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus, misalnya BlogDesk. Aplikasi blogging semacam ini cukup mudah digunakan dan sangat membantu dalam proses penulisan dan pengiriman tulisan ke dalam situs blog. Proses pengirimiman tulisan atau posting menggunakan

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »