Apa itu mysql administrator ? dan cara melakukan koneksi ke server



Apa itu mysql administrator ?
Mysql administrator adalah program admin berbasis GUI untuk keperluan semacam konfigurasi server MySQL, monitoring status dan kinerja , start dan stop server , pengelolaan user dan koneksi , melakukan backup / restore , dan sejumlah tugas administratif lainnya. Pada mode command line , kebanyakan pekerjaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan mysqladmin.
Melakukan koneksi ke server
Sebelumnya, jangan lupa untuk mengaktifkan dahulu server MySQl anda. Pertama kali menjalankan MySQL Administrator, kita akan dihadapkan pada jendela koneksi dimana kita perlu mengisikan nama host, username, dan password. Apabila menghubungi database server di komputer lain , maka nama nama host bisa di isi dengan alamat IP atau hostname komputer tersebut. Field Stored Connection boleh diberi nama sendiri. Jika ingin melihat pilihan koneksi lanjut yang tersedia, silahkan klik Details.

Setelah sukses, anda akan disambut dengan jendela utama MySQL Administrator dengan sejumlah informasi dasar mengenai connection, client, dan server. Mereka yang sering melakukan koneksi banyak server MySQL sebaiknya menyimpan informasi koneksi tersebut dengan klik Add New Connection, lalu isikan data – data koneksi yang bersangkutan. Untuk melakukan koneksi ,anda tinggal memilih dari Stored Connection ( pada jendela koneksi ) , lalu mengisikan password. Untuk keamanan , anda disarankan untuk tidak menyimpan password. Namun jika anda ingin melakukannya , klik General Option , cek Store Password sebaiknya tentukan metod penyimpanan password sebagai Obscured atau OS Specific karena Plaintext akan membiarkan password itu tersimpan sebagai teks biasa.

Catatan : Field Schema bisa dibiarkan kosong. Field tersebut adalah database default untuk koneksi bila memakai MySQL Query Browse.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »