Alat Pernapasan Pada Manusia


       Alat pernapasan Manusia.
Alat khusus untuk pernapasan pada tubuh manusia adalah paru – paru. Paru – paru terletak dalam rongga dada di atas diafgragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru – paru dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Di dalam paru – paru terjadi penyergapan gas oksigen dan pengeluaran gas karbon dioksida.

Paru – paru ada dua, yaitu paru – paru kanan dan paru – paru kiri. Paru –paru kanan terdiri atas tiga gelambir, yaitu gelambir atas, gelambir tengah, dan gelambir bawah. Paru –paru kiri terdiri atas dua gelambir , yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. Paru – paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut pluera.

Bagian tubuh lain yang berperan dalam pernapasan adalah hidung dan tenggorokan. Kedua bagian tubuh ini merupakan jalan bagi keluar masuknya udara pernapasan. Didalam hidung terdapat rambut halus dan selaput lendir. Rambut halus dan selaput lendir berfungsi untuk k=menyaring udara agar bebas dari kotoran. Didalam hidung udara juga mengelami penyesuaian suhu dan kelembapan.

Tenggorokan bercabang dua, satu menuju paru –paru kanan dan yang lain menuju paru – paru kiri. Cabang tenggorokan itu disebut bronkus. Didalam paru – paru, bronkus bercabang – cabang lagi. Cabang bronkus disebut bronkiolus. Gelembung – gelembung itu disebut alveolus. Didalam alveolus terjadi pertukaran oksigen dengan karbon dioksida.

Udara dapat masuk dan keluar paru – paru karena pekerjaan otot antar tulang rusuk dan diafragma. Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antat tulang rusuk disebut pernapasan dada. Pernapasan dengan menggunakan diafragma ( selaput rongga dada ) disebut pernapasan perut.

Bagaimanakah proses pernapasan berlangsung ?
Pada saat kita menarik napas, udara masuk melalui hidung dan tenggorokan. Selanjutnya udara masuk ke paru – paru. Oksigen akan diserap oleh alveolus, sedangkan karbon dioksida dilepaskan. Karbon dioksida diembuskan keluar melalui tenggorokan dan hidung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »